Kemiringan Capital Gate Kalahkan Menara Pisa


Kemiringan Menara Pisa di Italia sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh turis dari seluruh dunia, memiliki pesaing berat yang datang dari Capital Gate, sebuah bangunan baru yang ada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Gedung ini diklaim oleh pemiliknya yang juga merupakan Chairman ADNEC, Sheikh Sultan Bin Tahnoon Al Nahya, memiliki tingkat kemiringan 3,97 derajat yang melebihi tingkat kemiringan Menara Pisa.

Gedung baru setinggi 35 lantai ini memiliki fasad dari kaca berbentuk berlian (diamond shape) dengan tingkat kecondongan empat setengah kali lebih miring daripada menara yang sempat masuk ke daftar tujuh keajaiban dunia itu.

Seperti dikutip dari laman e-architect, sang pemilik gedung pencakar langit yang memiliki desain futuristik dan modern tersebut, telah mendaftarkan bangunan ini dalam Guinness Book of Record sebagai bangunan dengan paling miring di dunia mengalahkan Menara Pisa di Italia.

Karena postur gedung yang unik, Capital Gate dibangun dengan konstruksi baja super kuat dan tumpukan konstruksi dasar yang dibor sedalam 30 meter di bawah tanah. Hebatnya, konstruksi ini dinyatakan mampu menahan gravitasi, angin, dan gerakan seismik gempa.

Posting Komentar