Arab Saudi Bakal Bangun Gedung Setinggi 1 Kilometer

Arab Saudi sepertinya terinspirasi dari Burj Khalifa di Dubai untuk membangun menara pencakar langit. Tak tanggung-tanggung, pemerintah Arab Saudi mengklaim bahwa gedung pencakar langit miliknya akan menjadi yang tertinggi di dunia.

Gedung yang diberi nama The Kingdom Tower ini rencananya akan dibangun setinggi 3 ribu kaki atau sekitar lebih dari 1 kilometer. Menara ini nantinya akan dibangun di kota Jeddah sebelah laut Merah dengan 200 lantai.

Sebuah perusahaan konstruksi bernama ACTS mengungkapkan bahwa setidaknya akan ada 80 ribu ton baja yang telah disiapkan untuk membangun The Kingdom Tower ini. "ACTS akan mengerahkan peralatan khusus untuk mengevaluasi sifat reologi beton agar mudah dipompa di ketinggian," ungkap salah seorang sumber.

Sama halnya dengan pembangunan Burj Khalifa, untuk mencapai titik tertinggi maka beton-beton tersebut harus dipompa ke atas. Proses inilah yang dinilai paling sulit oleh para arsitek karena tidak mudah memompa beton basah di ketinggian. Selain itu mereka juga harus memastikan bahwa lift di dalamnya bisa berjalan dengan normal hingga puncak tertinggi.

Ide membangun The Kingdom Tower ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2010 namun ternyata baru bisa siap dikerjakan 3 tahun kemudian. Untuk membangun gedung pencakar langit ini diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar USD 1,23 miliar (sekitar Rp 12 triliun).

Posting Komentar